Tanjakan Lele & Bendungan Ciawi

Sabtu kemarin, bersama dengan beberapa kawan Peloton de Bodor, kami kembali gowes bersama. Rute yang dipilih tidak terlalu jauh, namun Elevation Gain yang didapat akan cukup lumayan.

Satu persatu peserta berdatangan ke titik kumpul di Sumar Bike mulai pukul 6 pagi, kemudian rombongan mulai bergerak menuju Sumarecon Bogor, dan menyusuri pinggir tol untuk mengarah ke Ciawi.

Setelah berbelok ke kanan tidak jauh dari pertigaan Ciawi, kami mulai disuguhi jalan yang agak menanjak. Kemudian kami kembali berbelok ke arah area budidaya lele.

Namun sebelumnya kami harus menaklukkan turunan yang cukup curam. Sebaiknya pastikan rem sepeda anda bekerja dengan baik sebelum menuruni jalan ini demi keamanan bersama.

Habis turunan curam, menu selanjutnya adalah tanjakan curam. Karena di area ini terdapat kolam budidaya lele, maka tanjakan ini akrab disebut “Tanjakan Lele”, di Strava terdapat segmen Tanjakan Lele sejauh 0.64 km dengan gradien 13.7%. Ada pula segmen Tanjakan Lele Extended sejauh 2.57 km dengan gradien 6.6%.

Setelah melahap Tanjakan Lele, kami beristirahat di warung yang menyediakan aneka gorengan, cungkring (sate kikil khas Bogor), dan lontong. Tak lupa beberapa gelas kopi dan teh manis turut menemani istirahat dan senda gurau kami.

Dari sini terdapat dua jalur alternatif untuk kembali menuju Jl. Raya Puncak, bisa melewati Kebun Manggis milik Pak Abdul Latief (hari Rabu pagi kami baru melewati rute ini juga), atau lewat area pembangunan Bendungan Ciawi (kerap juga disebut Bendungan Jokowi). Kali ini kami memilih lewat Bendungan.

Bendungan ini sedang dalam tahap pengerjaan, nantinya jalur yang kami lalui ini akan ditutup dan kelak akan tenggelam menjadi dasar bendungan. Karena ini merupakan daerah proyek, maka kami pun tidak bisa berlama-lama.

Sebelum kembali ke Jl. Raya Puncak kami harus menghadapi satu tanjakan curam lagi.

Setelah turun ke arah Gadog, kami pun berpisah menuju tempat tinggal masing-masing.

Jarak yang ditempuh hanya sekitar 35 km, dengan EG 750 m. Diiringi cuaca syahdu dan pemandangan segar, menjadi salah satu rute yang nyaman untuk mengisi akhir pekan.