Hambalang Loop - Peloton de Bodor

Pada hari Minggu 12 Juni 2022, kawan-kawan yang tergabung dalam grup whatsapp Peloton de Bodor bersama dengan Sumar Bike.co kembali mengadakan event gowes bareng. Seperti biasa, event ini terbuka bagi siapa saja dan gratis.

Rute yang dipilih adalah mengelilingi Bukit Hambalang, atau bisa disebut Hambalang Loop.

Saat menuju ke tikum, saya mengalami sedikit kecelakaan, saya menabrak kucing yang tiba-tiba menyeberang jalan dan jatuh terpelanting. Saya tidak mengalami luka serius, namun brifter, handlebar, dan rear derailleur mengalami pergeseran. Beruntung pada saat kejadian ternyata Om Una dan Istri kebetulan melintas menggunakan mobil untuk menuju Sumar Bike, sehingga sepeda saya bisa di-loading dalam mobil dan kemudian Sumar Bike dengan sigap memperbaiki sepeda agar dapat digunakan kembali untuk melanjutkan perjalanan.

Pukul 06.05 peserta sudah mulai berkumpul di SumarBike, ditemani hidangan ubi kukus dan teh hangat untuk mengisi perut sebelum perjalanan dimulai.

Pengarahan singkat dari Ketua Kelas dan doa bersama sebelum start

Lebih dari 40 peserta hadir dalam acara kali ini, bukan hanya dari Peloton de Bodor, namun juga ada beberapa peserta dari komunitas lain yang turut meramaikan. Sepeda yang digunakan pun beragam, mayoritas menggunakan Gravel Bike, namun tak sedikit pula peserta yang menggunakan Road Bike dan MTB.

Dari titik start di Sumar Bike, Road Captain mengarahkan kami melewati Danau Bogor Raya, Jungleland, hingga mulai menuju Cibadak, dan berakhir dengan mengarah ke Citeureup dan Sentul.

Kira-kira beginilah rutenya di Strava

Rute yang dilalui cukup menanjak, dengan total elevasi (saya start dari Rumah sampai ke Rumah lagi) sekitar 960 m.

Rombongan berhenti pada pit stop pertama di warung untuk regroup sambil menyantap gorengan dan teh atau kopi panas. Salah satu rekan peserta juga memanfaatkan momen istirahat ini untuk mengosongkan perut (buang air besar).

Foto bersama di Pit Stop

Setelah Pit Stop ini rute yang dilalui semakin berat. Dapat dikatakan inilah main course dari perjalanan ini. Diperparah dengan kondisi lalu lintas yang mengangkut wisatawan yang akan tracking di sekitar lokasi, sehingga beberapa kali kami terpaksa berhenti di tanjakan karena macet.

Kami regorup kembali di warung sekitar simpang Cibadak. Setelah ini kami turun dan berpisah untuk menuju ke tujuan akhir masing-masing.

Berikut beberapa foto saat perjalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *