Bromo KOM Challenge 2022

Tanggal 21 Mei 2022 silam, event yang cukup populer di kalangan cyclist yaitu Bromo King of Mountain Challenge atau Bromo KOM kembali digelar. Tahun ini yang menjadi title sponsor adalah Antangin. Berawal dari percakapan dengan seorang rekan cyclist Bogor yang meminta bantuan untuk mendaftar, saya pun iseng mendaftar juga.

Event ini digelar hanya 2 minggu setelah lebaran, sehingga tantangannya adalah bagaimana menjaga kebugaran dan tetap latihan saat berpuasa. Sayangnya pada bulan puasa tahun ini saya kurang rutin bersepeda, sehingga sempat ragu juga apakah akan kuat untuk menyelesaikan rute ini.

Bertemu dengan rekan-rekan cyclist Bogor di titik start. Ki-Ka: Saya, Om Ade Yusuf, Om Wanda, Om Donny, Om Abu Surur.

Rute dimulai dari Mapolda Jatim di Jl. A Yani Surabaya, menempuh rute datar sejauh kurang lebih 70km sampai ke Gedung Harmonie di Pasuruan, istirahat sejenak, kemudian dilepas berdasarkan kategori menuju titik start KOM hingga finish di Pendopo Wonokitri Bromo.

Yang istimewa dari perhelatan ini adalah sepanjang jalan yang dilalui peserta disterilkan dari kendaraan lain. Ini menjadi pengalaman menarik yang menyenangkan bagi para peserta. Polisi dan panitia berjaga di hampir setiap persimpangan, sehingga peserta bisa dengan tenang bersepeda mengikuti Road Captain di depan.

Ramainya masyarakat di tepi jalan yang menyaksikan menambah semangat peserta. Bagi kami yang bukan atlet, jadi ikut merasakan euforia disoraki supporter seperti atlet sungguhan, hehe.

Anak sekolah di sepanjang rute sekitar Pasuruan ikut menyaksikan di tepi jalan, menyoraki sambil membawa bendera
Rest Area Gd Harmonie Pasuruan, bersama senior IF ITB Cyclist
Peloton Non-Competitive menunggu giliran start dari rest area Pasuruan

Memasuki gerbang start KOM, sekitar 25km sebelum finish, ini saat dimulainya tantangan yang sesungguhnya. Peserta harus menanjak dengan total elevasi hampir 2,000 meter dalam jarak 25 km. Artinya rata-rata gradien 8%, dan memang jalur ini rata (rata-rata nanjak), hampir tidak ada tempat untuk recovery.

Gerbang Start KOM

Cuaca sejuk dengan sesekali gerimis, dan kabut tebal yang turun menambah syahdu perjalanan peserta menuju titik finish.

Alhamdulillah tanpa banyak kendala, saya bisa finish pukul 12.36, sebelum batas cut-off-time untuk roadbike yaitu pukul 13.15.

Di titik finish, peserta disuguhi dengan aneka makanan dan minuman, cukup untuk bisa menghangatkan badan.

Pengalaman pertama saya mengikuti event ini sangat berkesan, pasti akan kembali lagi jika ada kesempatan untuk ikut di tahun berikutnya.

Sertifikat Finisher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *